Sabtu, 01 April 2017

Cara Back Up Data WhatsApp ke Dropbox

Kita tidak pernah tahu kapan sesuatu yang mungkin terjadi pada handphone kita, dan bisa saja tiba-tiba kita akan kehilangan data-data penting akibat berbagai hal. Hal yang sama juga berlaku untuk aplikasi chatting WhatsApp, jika kita tidak mem-back up data-datanya, pada akhirnya bisa saja kita akan kehilangan beberapa percakapan penting.

WhatsApp bisa membuat cadangan data harian, mingguan, dan bahkan bulanan. Kita hanya perlu menekan “Backup” pada aplikasi tersebut, karena dari pihak Whatsapp sendiri telah menyediakan fitur untuk melakukan back up melalui Google Drive. Tetapi bagaimana jika kita tidak percaya pada Google drive? Berikut adalah cara cepat dan mudah membuat cadangan konten WhatsApp ke akun Dropbox.

Cara Back Up Data WhatsApp Anda ke Dropbox
Selain WhatsApp, kita juga perlu aplikasi lain yang disebut FolderSync Lite (Link Download akan disediakan di bawah postingan). Setelah menginstal aplikasi, berikan akses aplikasi untuk foto, media, dan file. Pada halaman utama Apps, tekan pada ikon menu di kiri atas dan pilih Account. Tekan pada tombol hijau dan pilih opsi Dropbox.
Lalu masukkan data akun Anda, tekan pada “Otentikasi Account,” dan masuk ke akun Dropbox. Setelah login berhasil, jangan lupa untuk tekan pada “tambah" di bagian kanan bawah.
Tekan pada menu lagi dan pilih Folderpairs. Pilih tombol hijau sekali lagi dan tambahkan nama lain yang unik. Pilih folder Remote dan pilih tempat untuk menyimpan data WhatsApp Anda yang akan ditransfer ke Dropbox. Jangan lupa untuk tekan pada tombol hijau di bagian bawah. Folder yang Anda pilih seharusnya sekarang muncul tepat di bawah folder option.
Pilih “local folder” dan gulir ke bawah sampai Anda melihat folder WhatsApp. Tekan dan putuskan apakah Anda ingin membuat cadangan semua folder atau hanya folder tertentu saja.
Jika Anda ingin membuat cadangan semua folder yang berada di folder WhatsApp, setelah memilih akses itu, tekan tombol hijau di kanan bawah.

Satu hal yang sangat penting untuk diingat adalah untuk memastikan bahwa jenis Sync diatur oleh Remote Folder. Dengan cara itu file dikirim ke akun Dropbox Anda. Jika Anda tidak mengatur jenis Sync maka file tidak akan ditransfer.
Setelah Anda telah menyiapkan local folder dan remote, Anda dapat memberikan mengatur sync buatan pribadi Anda sendiri. Gulir ke bawah untuk Penjadwalan sehingga Anda dapat memutuskan kapan Anda ingin interval sinkronisasi berlangsung. Anda juga dapat memilih apakah anda ingin proses sinkronisasi dilakukan melalui WiFi, menggunakan 4G / 3G / 2G, pemberitahuan acara pada keberhasilan Sync dan kegagalan, dan banyak lagi.

Setelah Anda telah memilih opsi yang Anda inginkan, tekan pada pilihan “tambah” di kanan bawah, dan kemudian tekan pada pilihan Sync. Anda sudah dapat melihat file WhatsApp Anda dalam folder Dropbox yang telah dipilih.

Link Download

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon